PENGERTIAN
PERUSAHAAN
Perusahaan
adalah suatu tempat dimana kegiatan proses dan produksi barang atau jasa
berlangsung, hal ini di sebabkan karena kebutuhan manusia yang terus menerus
bertambah dan tidak bisa di sediakan secara instan,melainkan butuh sebuah
proses dan tentunya proses tersebut membutuhkan tempat, sehingga maksud dari
pengertian perusahaan adalah untuk melakukan sebuah proses barang atau jasa
demi untuk memenuhi kebutuhan manusia.
Macam
perusahaan :
A. Perusahaan
jasa
adalah perusahaan penghasil Jasa, bukan yang menghasilkan barang
atau benda. Contoh :
B. Perusahaan
Dagang merupakan perusahaan yang kegiatan usahanya adalah
membeli barang dagangan dari pemasok (supplier) kemudian menjual kembali kepada
pelanggan atau kepada reseller untuk di jual kembali. Contoh :
C. Perusahaan
manufaktur merupakan perusahaan yang kegiatan usahanya adalah
membeli bahan baku (input) kemudian mengubahnya menjadi barang yang dijual
kepada pelanggan.
PENTINGNYA
LETAK/LOKASI PERUSAHAAN
Letak perusahaan adalah tempat dimana perusahaan
melakukan kegiatannya sehari-hari. Sedangkan istilah Tempat Kedudukan Perusahaan dapat diartikan sebagai tempat kantor
pusat.
Kedua hal di atas perlu mendapat
perhatian bagi perusahaan, sebab salah memilih suatu lokasi perusahaan, akan
mengakibatkan suatu kerugian bagi perusahaan. Saperti misalnya harus mengadakan
penempatan kembali letak perusahaan (Re-Location) dan kesulitan apabila akan
mengadakan ekspansi (perluasan perusahaan) terlebih lagi kalau perusahaan itu
bergerak di bidang bahan baku seperti gula,tapi letak perusahaannya jauh sekali
dari bahan-bahan yang di perlukan untuk membuat gula.
semakin tajamnya
persaingan serta banyaknya perusahaan yang saat ini bermunculan, maka pemilihan
letak perusahaan ini sudah tidak mungkin dilakukan dengan coba-coba (trial & error). Karena dengan cara
itu perusahaan akan kalah bersaing; disampig harus berpacu dengan waktu, juga
efisiensi di bidang biaya perlu mendapat perhatian. Oleh karena itu pemiihan
letak perusahaan ini harus dilakukan dan diputuskan melalui beberapa pertimbangan
yang disertai fakta yang benar-benar kongkrit dan lengkap. Hal itu dapat
dijalankan dengan meninjau beberapa aspek yang mempengaruhi pemilihan letak
perusahaan.
JENIS LETAK/LOKASI PERUSAHAAN
Ada 4 (empat) jenis letak perusahaan :
1.
Letak perusahaan yang terikat pada alam
Letak perusahaan ini sangat ditentukan
oleh sumber-sumber alam, jadi tidak dapat ditentukan oleh manusia; misalkan,
usaha pertanian, pertambangan.
2.
Letak perusahaan berdasarkan sejarah
Letak perusahaan ini hanya dapat
dijelaskan dengan adanya sejarah di lokasi itu. Misalkan kerajinan batik di
daerah Surakarta, Yogyakarta, dan Pekalongan, hal ini disebabkan dulu seni
membatik ini dimulai dari para wanita di ketiga lokasi itu.
3.
Letak perusahaan yang ditentukan oleh sejarah
Dalam hal ini, pemerintah yang
menentukan dimana letak perusahaan harus menjalankan aktivitasnya. Hali ini
agar masyarakat di sekitar lokasi tidak merasa terganggus karena adanya
perusahaan tersebut. Misalkan, pabrik senjata atau amunisi, peternakan babi,
dan pabrik obat-obatan.
4.
Letak perusahaan yankg dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi
Pada umumnya jenis perusahaan ini
bersifat industri. Di sini ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan atau
dipertimbangkan dalam menentukan letak perusahaan, yaitu diantaranya adalah :
a)
Dekat
dengan bahan baku, contoh: pabrik gula, pabrik semen.
b)
Dekat
dengan pasar; di sini perusahaan berusaha sedekat mungkin dengan pasar atau konsumen; contoh: pabrik roti (bakery), rumah
makan, dan juga perusahaan jasa seperti bank dan asuransi.
c)
Dekat
denngan pemasok tenaga kerja; Bagi perusahaan yang banyak membutukan tenaga
kerja bukan ahli, cenderung mempertimbangkan agar dekat dengan tenaga kerja
tersebute; misalkan pabrik rokok, pabrik kembang gula.
d)
Dekat
dengan penyedia sumber tenaga/energi; contoh: pabrik peleburan bijih besi,
alumunium, dan baja.
e)
Iklim;
suatu perusahaan seringkali membutuhkan adanya iklim dan pengaturan suhu udara
tertentu. Contoh: pabrik teh, pemintalan kapas, dan indudtri jamur.
f)
Biaya
transportasi: misalkan pabrik mobil, sangat membutuhkan lancarnya
transportasinya juga akan memjadi rendah.
g)
Besarnya
suplai modal; perusahaan yang membmutuhkan modal untuk mengembangkan usahanya,
cenkderung akan memilih tempat dimana penanaman modal cukup besar disertai
tingkat bunga yang cukup rendah.
Pengaruh faktor
terhadap masing-masing perusahaan sangatlah berbeda. Hanya saja yang dianggap
ideal untuk suatu lokasi perusahaan adalah tempat dimana semua biaya operasi
perusahaan paling rendah.
Dasar teori lokasi perusahaan : “Tempatkanlah
pada titik greogafis yang paling banyak memberikan kesempatan kepada perusahaan
di dalam usaha untuk mencapai tujuannya”. Jadi dengan kata lain, di
cari titik lokasi yang paling ekonomis di segala sektor.
AULIA CHINDIYANA PRIMA
21212248
1EB18
ANORAGA PANJI,SE.,M.M 2009
.MANAJEMEN BISNIS.JAKARTA : RINEKA CIPTA.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar