pop up

hei! this is chindi`s blog,leave some comment on my post and i will reply it soon, Love me♡

Jumat, 12 Oktober 2012

TUGAS SOFTSKILL PENGANTAR BISNIS (SISTEM EKONOMI,JENIS PEREKONOMIAN&PASAR,CELAH-CELAH BISNIS YANGADA DI MASYARAKAT) BAB 1


Sistem Ekonomi
          Sebelum seseorang memutuskan untuk terjun ke dalam dunia bisnis,sebaiknya ia mempelajari dulu sistm perekonomian dimana bisnis tersebut di jalankan.
          Sistem Ekonomi adalah suatu cara yang diterima untuk mengorganisasikan produksi,menetapkan hak dan kebebasan kepemilikan,menggunakan sumber daya produktif,dan menentukan transaksi bisnis dalam suatu masyarakat.
          Menurut Skinner (1992) ada 3 tipe sistem ekonomi di dunia,yaitu :

1.    pemerintah dapat menguasai produksi hampir semua barang dan jasa (Ekonomi Terencana)
2.    perusahaan swasta dapat menguasai produksi hampir semua barang dan jasa (Kapitalisme Murni)
3.    sebagian produksi dikuasai oleh pemerintah dan sebagian lagi di kuasai oleh swasta,

Nyatanya,tidak ada ekonomi yang dikuasai oleh swasta seluruhnya, tetapi pada beberapa negara,seperti RRC dan Kuba hampir seluruhnya dikuasai oleh pemerintah.


Jenis-Jenis Sistem perekonomian
1.    Perekonomian terencana
perekonomian terencana terbagi menjadi dua,yaitu Komonisme dan Sosialisme.
·       sistem perekonomian komonisme adalah sistem perekonomian dimana peran pemerintah sebagai pengatur seluruh sumber-sumber kegiatan perekonomian.
·     sistem perekonomian sosialisme adalah suatu sistem perekonomian  yang memberikan kebebasan yang cukup besar kepeda setiap orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi tetapi dengan campur tangan pemerintah.

2.    Perekonomian pasar
perekonomian pasar bergantung pada kapitalis dan liberalisme untuk menciptakan suatu lingkungan dimana produsen dan konsumen bebas menjual dan juga membeli barang apapun.
·       Sistem perekonomian kapitalis
Sistem perekonomian kapitalis adalah
sistem    perekonomian yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan perekonomian

·   Sistem perekonomian liberalis adalah suatu filosofi ekonomi dan politik.


3. Perekonomian Campuran
     Di Indonesia, ekonomi campuran dikenal dengan istilah resmi perekonomian Pasar Terkendali. di dalam suatu perekonomian campuran, baik pemerintah maupun peusahaan bisnis swasta memproduksi dan mendistribusikan barang-barang dan jasa-jasa. Biasanya pemerintah memainkan peranan di dalam hal mensuplai pertahanan,jalan,pendidikan,pensiun dan beberapa perawatan kesehatan, pada umumnya dalam ekonomi campuran,pasar adalah bebas dan kompetitif.



Jenis-Jenis Pasar
1.    Monopsoni adalah keadaan dimana satu pelaku usaha atau pebisnis menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan jasa dalam suatu pasar komoditas.
2.    Oligopsoni adalah keadaan dimana dua atau lebih pelaku usaha atau pebisnis menguasai penerimaan pasokan atau manjadi pembeli tunggal atas barang dan jasa dalam suatu pasar komoditas.
3.    Pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar.


Celah-celah Bisnis yang ada di masyarakat
          Bagi seorang pebisnis, mulainya suatu usaha dilakukan karena adalnya Peluang dan tertarik oleh keuntungan yang di harapkan dari usaha tersebut, semakin bertumbuh dan semakin berkembang, masyarakat akan membutuhkan banyak barang yang membuka peluang usaha bagi para pebisnis, peluang ini meliputi beberapa aspek,yaitu :
·  Kuantitatif adalah berupa pertumbuhan penduduk sebagai akibat dari kelahiran bayi dan pertanbahan umur penduduk serta kematian.
· Kualitatif adalah dapat berupa bertambahnya pendidikan, masyarakat akan lebih pandai, penghasilan akan membuat masyatakat lebih kaya.






AULIA CHINDIYANA PRIMA
21212248

1EB18





Tidak ada komentar:

Posting Komentar